Saturday 7 February 2015

Cara Instalasi Xampp

Seperti yang sudah kita ketahui, Xampp merupakan aplikasi server localhost dan yang paling banyak digunakan. Aplikasi ini dibuat oleh Apache Friends dan installer-nya bisa langsung diunduh dari situs mereka. Saat ini yang paling baru adalah versi 1.8.3. Anda dapat mengunduh xampp secara langsung secara gratis pada alamat https://www.apachefriends.org/download.html

Xampp merupakan penerjemah halaman web yang ditulis menggunakan PHP,  atau bahasa kerennya dinamakan Web Server. Web server inilah yang akan menerjemahkan kode PHP menjadi HTML dan mengirimnya ke web browser untuk ditampilkan.


Setelah aplikasi installer XAMPP berhasil di unduh, langkah selanjutnya adalah menginstall XAMPP. Double klik file xampp-win32-1.8.3-2-VC11-installer (mungkin nama file XAMPP anda akan sedikit berbeda). Maka akan muncul tampilan

Hal tersebut akan terjadi apabila pada komputer terpasang anti virus, Anda boleh mengikuti instruksi ini, atau mengabaikannya dan lanjut ke tahap selanjutnya.

Jika anda menggunakan Windows Vista atau 7, akan muncul tampilan peringatan untuk tidak menginstall XAMPP pada folder default di C:\Program Files. Hal ini disebabkan proteksi keamanan dari Windows akan menghalangi beberapa fitur dari XAMPP. Karena itu sebaiknya folder instalasi XAMPP kita pindahkan ke D:\XAMPP.

  
lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini  



klik next untuk melanjutkan, disini anda diperkenankan untuk memilih aplikasi apa saja yang akan diinstall. Disarankan untuk membiarkan pilihan default, dalam hal ini semua aplikasi akan diinstall. Namun jika anda memiliki kendala akan keterbatasan ruang harddisk, anda bisa memilih aplikasi penting seperti Apache, MySQL, PHP, dan phpmyadmin. Setelah itu, lanjutkan dengan klik tombol next.

Anda dapat mengubah folder instalasi default XAMPP ke folder lain,  Lalu klik next untuk melanjutkan.
Jika semuanya berjalan lancar, tampilan berikutnya adalah “Ready to Install”, klik tombol next untuk memulai proses instalasi.

proses instalasi


proses instalasi selesai,klik finish maka tampilan control panel XAMPP akan muncul
untuk memulai menjalankan service Apache dan database MySQL anda bisa klik tombol Start pada keduanya. Namun biasanya, apabila setiap komputer direstart, maka service akan mati juga, jadi setiap memulai anda harus selalu klik tombol Start pada service-service tersebut.

Pada windows 7 ada beberapa trik agar anda tidak selalu memulai dengan tombol Start, caranya adalah, jalankan Xampp Control Panel sebagai Administrator. Lalu pada bagian Modules Service anda dapat mencentang service yang akan dijalankan, lalu klik tombol Start.
untuk mencoba apakah Xampp sudah terinstall dengan benar, anda dapat membuka browser pada komputer anda, lalu ketikkan localhost dan tekan enter , bila browser anda muncul seperti tampilan di bawah , maka anda telah berhasil, selamat mencoba !

 


No comments:

Post a Comment

MAGISTRA UTAMA - TEGAL

Materi Internet Marketing Materi Internet Marketing pertemuan ke 2 - Download Materi Internet Marketing pertemuan ke 3 - Download  Materi...